Jumat, 13 Desember 2013

Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Tidak Bisa Booting

Advertisement/Iklan Google

Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Tidak Bisa Booting - Kali ini Lapkom akan berbagi seputar masalah bios, Kenapa ya komputer saya tidak bisa melakukan booting atau masuk bios? ada banyak penyebab yang akan saya bahas mengenai komputer atau laptop yang tidak bisa melakukan booting. Ada beberapa masalah yang sering di alami komputer seperti komputer tidak bisa booting dengan adanya pesan error, dan blue screen, ada juga komputer merestart sendiri tanpa sebab. nah mari kita simak beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer tidak bisa booting berikut :

1. Sistem operasi bermasalah, atau sistem windows yang corupt.
Jika terjadi malasah pada sistem operasi biasanya akan terjadi Blue Screen atau layar akan blank biru pada saat kita awal menyalakan komputer dan kita tidak bisa memasuki windows atau bisa di sebut gagal booting. Itu bertanda sistem operasi yang bermasalah. cara mengatasi yakni dengan :

  • Lakukan Repair operating system (Menggunakan DVD Windows)
  • Lakukan Install Ulang Pada Komputer/Laptop anda.

ada kalanya system windows yang corupt biasanya akan ada pesan yang menunjukkan adanya file yang sedang rusak atau hilang, lakukan hal berikut :
  • cek terlebih dahulu memory anda, bila terpasang lebih dari satu atau memory tidak kompatible biasanya akan muncul error sistem windows corupt, jadi lepaskan memori anda yang tidak sejenis tersebut.
  • dan jika masih gagal lakukan penginstallan ulang windows anda.

2. Terjadi Overheat pada Processor anda.

processor murupakan otak pemikir dari sebuah komputer, jika processor sendiri panas maka akan terjadi gagal booting dan biasanya komputer akan restart sendiri. untuk mengatasinya yaitu :
  • Lakukan pembongkaran pada processor, cek pada bagian pastanya jika kering tambahkan pasta baru karena jika kering processor akan cepat panas dan menyebabkan gagal booting.
  • cek kembali pada kipas processor, pastikan kipas masih berjalan dan normal.
Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Tidak Bisa Booting


3. Masalah pada RAM sehingga gagal booting.
Ram sendiri merupakan media tempat penyimpan sementara pada komputer, jika ada kesalahan pada ram pasti komputer tidak akan berjalan dengan baik. biasanya jika ada kesalahan pada RAM pada saat kita menghidupkan komputer terdengar beep lebih dari dua kali. untuk mengatasinya yaitu :
  • Copot RAM pada komputer anda dan lakukan pembersihan di bagian pin nya, setelah itu pasang kembali dengan baik dan benar.
  • ada bisa mencoba pasang RAM di slot yang lainnya.
  • apabila terdapat 2 card memori coba cek satu-persatu mana yang mengalami masalah.

4. Dikarnakan Hardisk yang tidak terdetekni atau bermasalah.
Hardisk sendiri merupakan bagian penyimpanan data-data komputer dan juga tempat OS terinstall, apabila hardisk tidak terdeteksi maka akan gagal booting. Nah pada masalah ini biasanya akan muncul pesan "Disk Boot Failure". untuk mengatasinya yaitu :

Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Tidak Bisa Booting
  • Lakukan pengecekan pada kabel yang tersambung pada hardisk anda baik SATA maupun IDE, pasting kabel normal dan terpasang dengan baik dan benar.
  • Untuk hardisk IDE yang terpasang dengan 1 kabel lakukan pengecekan pada setingan Master dan Slavenya apakah sudah urut dan sesuai.
  • Masuklah pada BIOS apakah hardisk sudah terdeteksi? coba lakukan satu persatu dan jika gagal maka kerusakan terjadi pada hardisk anda.
  • Cek hardisk pada saat komputer di nyalakan, apabila hardisk hidup maka terlihat hardisk bergetar.

Nah demikian ulasan mengenai komputer yang tidak bisa booting, saya memberi uraian supaya anda mendapatkan solusinya, silahkan mencoba dan mencoba untuk belajar, karena tidak ada ilmu yang di dapatkan begitu saja tanpa belajar dan mencoba. Jika anda ingin menambahkan silahkan berkomentar di bawah. Terimakasih.

1 komentar :

  1. manat,,, sangat membantu sekali..

    makasih banyak.. :D (y)

    BalasHapus